Mengobati demam berdarah serta pencegahan terbaik dari wabah DBD

Inilah cara tepat mengobati demam berdarah dengue DBD serta solusi terbaik pencegahan wabah demam berdarah.

Mengobati demam berdarah harus secepat mungkin. Demam berdarah adalah penyakit seperti flu disertai suhu tubuh yang tinggi yang disebarkan oleh gigitan nyamuk yang terinfeksi. Satu perbedaan utama, bagaimanapun, adalah bahwa malaria sering diberantas di kota-kota besar, sedangkan demam berdarah sering ditemukan di perkotaan pada umumnya.

Mengobati demam berdarah serta pencegahan terbaik dari wabah DBD

Mengobati demam berdarah secara cepat serta tepat mampu mengurangi resiko kematian.

Demam berdarah adalah penyakit seperti flu yang disebarkan oleh gigitan nyamuk yang terinfeksi. Satu perbedaan utama, bagaimanapun, adalah bahwa malaria sering diberantas di kota-kota besar, sedangkan demam berdarah sering ditemukan di daerah perkotaan negara-negara tropis maju, termasuk singapura, taiwan, indonesia, dan brazil. Disebabkan oleh salah satu dari empat serotipe virus yang terkait erat dengan genus flavivirus, famili flaviviridae, setiap serotipe cukup berbeda sehingga tidak ada perlindungan silang dan epidemi yang disebabkan oleh berbagai serotipe dapat terjadi. Demam berdarah ditularkan ke manusia oleh nyamuk Aedes aegypti, yang menyusup pada siang hari. Nyamuk berkembang selama musim hujan tetapi dapat berkembang biak di pot bunga berisi air, kantong plastik, dan kaleng sepanjang tahun. Satu gigitan nyamuk dapat menyebabkan penyakit dan bahkan berujung kematian pada penderita.

Demam berdarah tidak harus disamakan dengan demam berdarah dengue, yang merupakan penyakit terpisah dan sering mematikan. Orang yang terinfeksi tidak dapat menyebarkan infeksi ke orang lain tetapi dapat menjadi sumber virus dengue untuk nyamuk selama sekitar 6 hari. Infeksi virus dengue sering tidak jelas. Dengue klasik terutama terjadi pada orang dewasa dan anak-anak non-imun, non-pribumi. Semua umur rentan. Di daerah endemik, prevalensi kekebalan yang tinggi pada orang dewasa dapat membatasi wabah pada anak-anak. Orang yang sebelumnya terinfeksi dengan satu atau lebih jenis virus dengue dianggap berisiko lebih besar terkena demam berdarah dengue jika terinfeksi lagi. Pakaian, anti nyamuk, dan kelambu dapat membantu mengurangi paparan nyamuk. Bepergian selama periode aktivitas nyamuk minimal juga dapat membantu.

Bahaya dari terjangkitnya demam berdarah, cermati amati serta obati.

Demam berdarah dimanifestasikan oleh serangan demam mendadak, dengan kekhawatiran serius, nyeri otot dan multilateral serta ruam. Ruam dengue biasanya berwarna cerah petechiae merah dan biasanya muncul paling baik pada tungkai bawah dan dada, pada beberapa pasien, menyebar untuk membungkus sebagian besar sistem. Mungkin juga ada gastritis dengan beberapa kombinasi yang terkait dengan sakit perut, muntah atau diare. Kelenjar (kelenjar getah bening) di leher dan selangkangan sering membengkak. Demam dan tanda-tanda baru demam berdarah berlangsung selama dua hingga empat hari, diikuti oleh penurunan suhu yang cepat dengan keringat yang banyak. Ini mendahului periode dengan suhu alami dan rasa kesejahteraan yang berlangsung sekitar satu hari. Jenis penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak yang mengalami penularan demam berdarah kedua. Kadang-kadang mematikan, terutama pada anak-anak dan orang dewasa yang tidak berpengalaman.

Mengobati demam berdarah, diagnosis DBD harus dibuat secara klinis. Karena demam berdarah disebabkan oleh virus, tidak ada obat khusus atau antibiotik untuk mengobatinya. Untuk demam berdarah tipikal, perawatan murni berkaitan dengan menghilangkan gejala-gejalanya. Perawatan andalan adalah terapi suportif. Produk asetaminofen direkomendasikan untuk mengatasi demam. Asam asetilsalisilat (aspirin) dan agen antiinflamasi nonsteroid (seperti ibuprofen) harus dihindari karena sifat antikoagulannya. Untuk gejala demam berdarah yang parah, termasuk penyerahan syok dan koma, perawatan darurat dini dan agresif dengan penggantian cairan dan elektrolit dapat menyelamatkan nyawa. Suplemen dengan cairan intravena mungkin diperlukan untuk mencegah dehidrasi dan konsentrasi darah yang signifikan jika pasien tidak mampu mempertahankan asupan oral. Pasien harus menerima persiapan parasetamol untuk mengatasi gejala-gejala ini jika diduga demam berdarah.

Perlu diperhatikan, untuk mengobati demam berdarah DBD selalu konsultasikan kepada dokter agar solusi yang lebih baik segera di dapatkan untuk mengobati pasien demam berdarah. Jaga kebersihan lingkungan, baik sekitar rumah ataupun tempat umum agar kita tetap dalam keadaan sehat, amin.

Gimana sobat, informasi ini #mengobati demam berdarah semoga memberikan manfaat ya...? serta jangan lupa share informasi ini kepada rekan atau keluarga jika dirasa bermanfaat, agar semua mendapatkan manfaat kebaikan dari informasi ini, terimakasih.


Baca juga info menarik seputar kesehatan:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengobati demam berdarah serta pencegahan terbaik dari wabah DBD"

Post a Comment

Terimakasih telah menjadikan ioisehat.id - portal kesehatan masa kini sebagai referensi kesehatan terpercaya untuk anda, saran dan komentar sesuaikan tema informasi, saran dan komentar membangun kemajuan informasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel