Memperbanyak air susu ibu ( ASI ) tanpa efek samping sebaiknya dengan cara ini

Cara mudah memperbanyak air susu ibu (ASI) dengan cara alami serta tanpa efek samping.

Memperbanyak air susu ibu (ASI) itu wajib bagi ibu yang sedang menyusui anak balitanya. Setelah melahirkan, seorang ibu sangat ingin sekali memberi ASI kepada anaknya. Namun kenyataannya tidak semua ibu bisa memproduksi air susu yang cukup sehingga di khawatirkan bayi tidak cukup mendapat air susu atau ASI. Ibu yang tidak mampu memproduksi air susu yang cukup, akhirnya beralih menggunakan susu formula. Padahal makanan utama bayi yang baru lahir adalah air susu ibu. Air susu ibu sendiri berperan sebagai anti bodi sehingga bayi tidak mudah sakit. Jika pada 6 bulan pertama bayi diberikan air susu secara eksklusif maka manfaat jangka panjang akan didapatkan.

Memperbanyak air susu ibu ( ASI ) tanpa efek samping sebaiknya dengan cara ini

Bagi kamu yang tidak mampu memperbanyak air susu ibu secara cukup, jangan khawatir dan beralih ke susu formula. Ada tips memperbanyak air susu (ASI) secara alami dan ini dia tipsnya: 

Tips terbaik berikut ini dapat memperbanyak air susu atau ASI dengan cara alami tanpa efek samping kepada bayi ataupun ibunya.

1. Memijat Payudara 

Untuk ibu yang tidak bisa memproduksi air susu ibu secara cukup setelah melahirkan, disarankan untuk melakukan pemijatan payudara. Karena pemijatan yang benar, akan membuat produksi ASI meningkat dan cukup sebagai asupan utama bayi. Cara pemijatan yang benar adalah dilakukan dari pangkal payudara kemudian menggunakan dua jari tekan dinding payudara. Lakukan gerakan melingkar selama 30 detik bagian pangkal menuju puting. Cara yang benar dalam pemijatan yaitu dari pangkal menuju puting, bukan sebaliknya. 

2. Memompa 

Cara agar produksi air susu ibu yang selanjutnya adalah dengan memompa. Memompa berguna untuk merangsang produksi ASI yang cukup serta pelancar ASI. Gunakanlah pompa setelah menyusui untuk tujuan mengosongkan ASI yang tidak dihabiskan bayi sehingga payudara memproduksi ASI yang sudah keluar. Cara memompa yang benar adalah setelah menyusui, jangan khawatir seberapa banyak ASI yang dikeluarkan. Pompa masing-masing payudara kurang lebih sekitar 10 menit dan biasanya ASI diproduksi maksimal pada pagi hari dan usahakan pompa setiap pagi. 

3. Durasi 

Setiap bayi yang baru dilahirkan membutuhkan waktu menyusu sekitar 2 - 3 jam. Dengan menyusui secara rutin akan membuat payudara teratur memproduksi air susu ibu. Hal ini karena tubuh wanita mengikuti prinsip memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Ketika ibu rutin menyusui secara rutin setiap 2-3 jam hingga bayi kenyang, maka payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI. Dengan berjalannya waktu maka payudara akan terbiasa memproduksi ASI yang cukup bagi bayi. 

4. Makanan 

Ibu yang menyusui sangat membutuhkan asupan makanan sehat yang cukup setiap harinya. Yang dibutuhkan bagi ibu yang menyusui sekitar 300 - 500 kalori setiap harinya. Makanan sehat yang cukup akan mampu meningkatkan kualitas serta kuantitas air susu ibu. Beberapa contoh makanan yang bisa meningkatkan ASI adalah pepaya, daun katuk, wortel dan bayam. Dengan mengkonsumsi makanan sehat yang cukup akan memberikan dampak yang signifikan bagi produksi serta memperbanyak air susu ibu atau ASI. 

5. Emosi 

Emosi ibu menyusui yang tidak stabil akan mengakibatkan produksi air susu ibu berkurang. Memang memiliki bayi akan banyak menguras energi, ketika energi terkuras maka emosi kerap kali tidak mampu dikontrol. Selain kesehatan tubuh, kesehatan secara emosional wajib hukumnya bagi ibu yang menyusui. Jika stres maka hormon dalam tubuh terguncang sehingga mengakibatkan produksi ASI menurun drastis. Oleh karena itu penting sekali kerja sama dengan keluarga dalam membagi tugas agar ibu menyusui tidak gampang capek dan stres. 

Kesimpulan yang dapat diperoleh dari cara terbaik memperbanyak air susu (ASI ) adalah:

Air susu ibu adalah asupan pokok untuk bayi. Jadi sebisa mungkin para ibu harus memberikan ASI bagi bayinya. Jangan cepat putus asa terlebih dahulu pasti ada cara terbaik untuk mendapatkan ASI ekslusif untuk bayi. Persiapkan sedini mungkin bagi calon ibu, terlebih untuk para ibu muda yang akan memiliki momongan. Demikian tadi tips memperbanyak air susu ibu secara alami yang dapat anda praktekkan di rumah. Penting sekali untuk memperhatikan produksi ASI karena selain makanan bagi bayi juga sebagai anti biotik alami jangka panjang sang buah hati. Semoga berhasil ya!

Kami berharap jika informasi ini bermanfaat silahkan share kepada rekan atau teman lainnya, dengan tujuan mereka dapat mengetahui informasi kesehatan yang bermanfaat ini, Terimakasih.


Baca juga info lainnya:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memperbanyak air susu ibu ( ASI ) tanpa efek samping sebaiknya dengan cara ini"

Post a Comment

Terimakasih telah menjadikan ioisehat.id - portal kesehatan masa kini sebagai referensi kesehatan terpercaya untuk anda, saran dan komentar sesuaikan tema informasi, saran dan komentar membangun kemajuan informasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel