Mengobati cacar air pada anak serta solusi penanganan terbaik

Inilah cara mengobati cacar air pada anak dengan secara alami serta penanganan terbaik supaya cepat sembuh.


Mengobati cacar air pada anak diperlukan kesabaran dan kasih sayang dari orang tua. Cacar air adalah penyakit menular yang umumnya terjadi pada anak di bawah 10 tahun, tetapi tidak jarang penyakit cacar air akan menyebabkan masalah pada wanita hamil, bayi baru lahir, remaja dan dewasa, dan orang dengan daya tahan tubuh yang rendah. Cacar air pada anak-anak bukanlah kondisi medis yang kritis. Namun, anak-anak dengan cacar air biasanya perlu dikarantina di rumah untuk menghindari penularan virus cacar air kepada orang lain.

Mengobati cacar air pada anak serta solusi penanganan terbaik

Kenali gejala cacar serta cara mengobati cacar air pada anak-anak?

Karakteristik dan gejala cacar air pada anak-anak harus diperhatikan, yaitu:
  • Sekresi biji kecil yang perlahan menebal dan terisi cairan 
  • Setelah 1-2 hari, keringkan nodul, kupas, dan menjadi luka 
  • Cacar baru akan muncul setelah 4-5 hari sesudahnya 
  • Diameter nodul tidak melebihi 0,5 cm 
  • Ruam merah yang muncul biasanya mulai dari daerah sekitar kepala dan punggung, kemudian menyebar ke seluruh tubuh setelah 1-2 hari 
  • Demam. Semakin banyak jerawat muncul, semakin tinggi demamnya. Namun, anak Anda mungkin tidak demam pada hari pertama cacar atau jika bintil muncul tidak terlalu buruk. 
  • Ruam juga sering ditemukan di mulut, kelopak mata, dan alat kelamin 
  • Anak Anda terkena anak-anak cacar air 10-21 hari sebelumnya 

Jika anak anda memiliki gejala cacar air yang berbeda, hubungi dokter Anda. Umumnya mendiagnosis serta mengobati cacar air pada anak-anak cukup sederhana.

Bercak cair baru akan muncul setiap hari selama 4-5 hari. Demam setelah cacar air biasanya pada tingkat tertinggi pada hari ketiga atau keempat. Anak-anak akan mulai merasa lebih baik dan demam akan berkurang setelah nodul cacar air  perlahan hilang. Rata-rata, anak-anak akan menerima 400-500 cacar air seperti jerawat. 

Cacar air adalah penampilan yang sangat menyebalkan. Tugas Anda sebagai orang tua adalah terus meyakinkan anak Anda bahwa cacar cacar bersifat sementara dan akan segera hilang. Cacar air meninggalkan bekas luka permanen, kecuali cacar air terinfeksi dengan impetigo atau anak Anda terus menggumpal. Namun, bekas luka cacar membutuhkan setidaknya 6-12 bulan sampai hilang sepenuhnya. 

Cacar air biasanya muncul hanya sekali, dan setelah itu anak Anda akan mengembangkan kekebalan terhadap virus cacar yang akan bertahan seumur hidup. Sangat jarang untuk kasus cacar air untuk berulang kali di alami. 

Bagaimana cara mengobati cacar air pada anak-anak?

Tips mengobati cacar air dan mengurangi gatal-gatal yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, termasuk: 

  • Rendam air dingin 
Air dingin bertindak sebagai kompres yang mengurangi rasa gatal dan kemerahan dari cacar. Minta anak Anda untuk merendam air dingin selama setidaknya 10 menit setiap empat jam sekali dalam beberapa hari pertama terkena cacar air. Perawatan yang aman dilakukan sebagai terapi berbasis rumah karena cacar hanya menginfeksi melalui udara, bukan air. 

Untuk melindungi cacar agar tidak pecah, jangan menggosok dengan handuk saat pengeringan. Angkat tubuh sampai air menyerap kering. Setelah mandi, Anda bisa menggunakan bubuk dingin (calamine) untuk menghilangkan rasa gatal. Atau, pecahkan cacar dengan es batu. Jika anak Anda mengeluh gatal parah, berikan obat antihistamin secara gratis di apotek. 

  • Mengurangi demam 
Berikan anak Anda acetaminophen untuk beberapa hari pertama jika ia menunjukkan gejala demam, tetapi jangan berikan ibuprofen. Ibuprofen takut risiko efek samping dari infeksi radang parah. Jangan berikan aspirin pada bayi dan anak-anak yang terkena cacar air, karena efek samping dari sindrom Reye.

  • Makanan dingin 
Bentonous cacar air pada anak-anak juga tersedia di mulut dan tenggorokan. Panas dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kemerahan pada ruam akan menyebabkan anak Anda sulit makan. Berikan pilihan makanan yang enak dan dingin (es krim, telur, puding, agar-agar, kentang tumbuk). Hindari memberikan buah asin dan asam untuk sementara waktu.

  • Untuk bayi yang menderita cacar, berikan secangkir sippy, bukan botol 
Titik botol akan memperburuk rasa sakit di mulut. Jika anak Anda berusia empat tahun ke atas dan mengeluh sakit yang tidak sehat di mulut, nyatakan bahwa ia membilasnya dengan sendok antasid cair dan melakukannya empat kali sehari setelah makan.

  • Mengatasi rasa sakit akibat cacar air pada anak-anak 
Poxitis yang menyakitkan terjadi pada organ intim dan dapat menyakitkan bagi anak Anda. Jika anak Anda (terutama wanita) mengeluhkan nyeri yang tidak dapat dikembalikan saat buang air kecil, gunakan salep anestesi lokal yang mengandung xylocaine 2,5% (biasanya obat ini dijual bebas) ke vagina sebanyak mungkin setiap 2-3 jam untuk meredakan rasa sakit. Merendam air dingin juga akan sangat membantu.

  • Mencegah anak-anak dari menggaruk 
Untuk mencegah infeksi bakteri, gunting gunting anak Anda. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun antibakteri. Jangan biarkan anak Anda menggaruk dan menggosok cacar, terlebih dahulu. Untuk bayi yang tidak bisa mengendalikan diri, harus membungkus tangan mereka dengan sarung tangan bayi.

  • Karantina di rumah 
Anak-anak dengan cacar dapat menularkan virus ke anak-anak lain di sekitarnya, terutama dalam beberapa hari pertama terkena cacar. Untuk menghindari pengiriman, berikan anak Anda pulang setidaknya selama seminggu. Selain itu, anak Anda dapat kembali ke sekolah dan menjalani kegiatan sehari-hari. Tidak perlu khawatir meski pengelupasan masih muncul di kulit, prosesnya tidak menular dan akan berhenti dengan sendirinya dalam 2 minggu. 

Untuk menghindari penularan, jangan bawa anak Anda ke rumah sakit atau kantor spesialis anak. Jika perlu, biarkan anak tinggal sementara di mobil bersama pengasuh sementara Anda menunggu giliran. Hindari menempati anak-anak yang terkena cacar di dekat atau di ruangan dengan wanita hamil yang tidak menderita cacar pada trimester pertama. Virus cacar membawa risiko pada janin yang mengandungnya.

  • Hindari paparan sinar matahari 
Bintik-bintik cair dapat muncul di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung.

  • Asiklovir 
Asiklovir adalah obat antivirus oral yang digunakan untuk mengobati cacar air. Obat ini hanya akan membantu jika mulai dalam 24 jam setelah tanda-tanda awal cacar air muncul. Menurut beberapa penelitian, asiklovir dapat mengurangi jumlah nodul cacar hingga 20% dan mempersingkat waktu penyakit. Namun, tingkat komplikasi cacar air tidak dapat dikurangi. Asiklovir harus digunakan secara teratur selama lima hari berturut-turut. Obat-obatan ini dilaporkan memiliki efek samping minimal. 

Anak-anak yang menderita cacar air juga mengalami kekurangan sistem kekebalan tubuh, mengonsumsi steroid, atau memiliki penyakit kulit atau paru-paru yang perlu diobati dengan asiklovir. Beberapa dokter akan menetapkan asiklovir untuk orang dewasa, remaja, dan dewasa muda. Namun, sebagian besar dokter tidak akan menggunakan asiklovir pada anak-anak yang sehat.

Sebagai orang tua, kapan saya perlu ke dokter untuk konsultasi cacar air? 

Hubungi dokter anda segera, jika terjadi tanda seperti ini pada anak anda: 

  • Anak Anda dapat bangun dari tempat tidur atau terbangun karena kesalahan (panggilan 112) 
  • Rosemary di kulit anak Anda, atau area kulit yang melembut 
  • Ruam merah seperti demam merah 
  • Anak Anda mengalami kesulitan berjalan 
  • Anak Anda mengeluh kekakuan leher 
  • Anak Anda mengalami kesulitan bernapas 
  • Mual dan muntah yang terjadi lebih dari tiga kali 
  • Pendarahan terjadi pada nodul cacar  air
  • Anak Anda terlihat sangat pucat karena kesakitan dan kelelahan 
  • Demam berlangsung lebih dari 4 hari 
  • Gatal menjadi lebih buruk dan tidak menanggapi pengobatan 
  • Anak Anda tidak merasa lebih baik

 Hubungi dokter anda dalam 24 jam, jika: 

  • Bintik-bintik terlihat lembut dan menghilangkan nanah 
  • Spesies yang sedang tumbuh (sementara, memberikan salep antibiotik tanpa resep bukan solusi )

Anda merasa perlu untuk kunjungan dokter.

  • Salah satu kelenjar getah bening tumbuh dan melunak 
  • Anak Anda menderita cacar air, tetapi belum pernah menerima vaksin cacar atau cacar 
  • Anda merasa perlu mengunjungi dokter anak

Pencegahan cacar air pada anak-anak.

Pencegahan cacar air dilakukan dengan mengelola vaksin cacar (imunisasi). Vaksin juga dapat diberikan untuk mengurangi keparahan cacar air pada anak-anak yang terinfeksi cacar air. Berikan vaksin paling lambat lima hari setelah kontak pertama dengan virus. Untuk mendapatkan vaksin, hubungi dokter anak.

Semoga informasi tentang cacar air ini dapat memberikan manfaat serta menambah wawasan untul anda, berbagi itu indah.

Baca juga : tips memperlancar air susu ibu

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Mengobati cacar air pada anak serta solusi penanganan terbaik"

  1. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. health

    ReplyDelete

Terimakasih telah menjadikan ioisehat - Solusi hidup sehat Blog kesehatan terlengkap serta terpercaya sebagai sumber referensi kesehatan terpercaya untuk anda, berikan saran dan masukan jangan lupa untuk share informasi ini, terimakasih ☺ ♥♥♥♥♥ ☺

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel